Jumat, 06 April 2012

Gua tertua di indonesia

Gua Prasejarah Leang-Leang Sumpang Bita Pangkep di Sulawesi selatan merupakan gua-gua tertua di Indonesia. Hasil-hasil penelitian terdahulu oleh Ahli Purbakala tentang Peninggalan Sejarah di Sulawesi Selatan menyebutkan bahwa di daerah ini sangat banyak ditemukan peninggalan sejarah baik berupa gua (leang) maupun benda-benda yang terdapat di dalamnya.

Gua Prasejarah Leang-Leang Sumpang Bita Kabupaten Pangkep adalah gunung batu kapur yang berlubang sebagai tempat kegiatan kahidupan manusia di masa lampau.

Dari segi arkeologi yang dimaksudkan leang ialah gua yang dijadikan kegiatan kehidupan manusia. Umumnya pada dinding gua tersebut ditemukan lukisan (rock painting) yang berupa cap tangan, gambar babi rusa, dan sebagainya. Alat kegiatan (kehidupan) sehari-hari (artefak) serta adanya gundukan-gundukan kerang atau sifut yang menandakan bahwa dalam suatu waktu tertentu kehidupan di gua (leang-leang) itu pernah dihuni manusia.

Menyangkut gua (leang) sebagai pusat kegiatan manusia purba maka pada dasarnnya gua itu sendiri adalah situs arkeologi prasejarah. Adapun kegiatan yang ada di dalamnya merupakan kegiatan materil dan spiritual

0 komentar:

Posting Komentar