Sabtu, 07 April 2012

Karst kabaena dengan keindahan guanya

Pulau kabena  terletak  dengan luas wilayah  873 km2  serta berjarak  56 km dari pulau Buton.  Struktur geologi pulau kabaena tersusun dari batuan berkapur yang  termasuk mandala (terrane) Sulawesi timur yang dicirikan oleh gabugan batuan ultramafik, mafik dan malihan. Kabaena berada di wilayah pantai yang secara geologi dekat dengan zona subdiksi sehingga  merupakan daerah yang sangat rawan dengan gempa tektonik.

Kondisi  morfologi pulau Kabaena  berupa  perbukitan, daerah karst dan dataran rendah. Morfologi perbukitan  terletak dibagian utara pulau dan memanjang kearah selatan  sampai perbukitan karst yang berbatasan langsung dengan gunung Sabampolulo di bagian tengah. P. kabaena mempunyai  berkisar antara  100 – 600 meter di atas permukaan laut.  Daerah karst terdapat dibagian tengah pulau dengan puncak  yaitu gunung batu sangia yang memiliki ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Batuan ini terbentuk  oleh batu gamping.
Pulau kabaena daerah karts watuburi  banyak memiliki gua serta keindahan flowston dan ornamen lainnya yang  ada disana. Sekian banyaknya gua yang ada di pulau kabaena  tim speleunker memberina nama dengan keindahan yang ada di dalam gua Serta ada pula memberi nama gua dengan bernamakan orang.




Sumber ; Catatan perjalanan kabut telah turun spelunker harus expolring

0 komentar:

Posting Komentar