Selasa, 20 November 2012

GUA LIMESTONE DALAM KAWASAN KARST MAROS MAKASSAR SULAWESI SELATAN

Indonesia adalah daerah kepulauan dan memiliki kurang lebih 18.000 pulau dan 240 juta orang penduduk yang hidup di dataran Indonesia. Namun Pulau  Sulawesi  merupakan salah satu pulau yang terbesar  yang bebentuk K dan memiliki 6 provinsi di antara lain Provinsi Sulawesi utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. Provinsi Sulawesi selatan memiliki luas 62.482,54 km² dan memliki jumlah penduduk 8.032.551 jiwa yang  didominasi oleh suku bugis Makassar . Makassar  ini, begitu terkenal di masa lalu untuk produk rempah-rempah yang diimpor di Eropa dengan perjalanan panjang melintasi lautan sehingah Makassar terkenal  dengan para pelaut ulungnya, terakhir ini menarik perhatian internasional dengan banyaknya ribuan wisatawan internasional dan domestik  yang datang mengunjungi makassar. Situasi politik daerah ini normalitas dan sangat mudah untuk di akses.
Sekilas Studi Sejarah
            Karst maros merupakan salah satu national park bantimurung bulusaraung yang memiiki keindahan eksotis yang di tetapkan pada tahun 2004 oleh kementerian kehutanan yang memiliki luas ± 43.750 Ha yang dahulunya hanya sebagai cagar alam karaenta yang Meskipun  sudah banyak publikasi mengenai Karst maros dengan di dominasi oleh batuan limestone yang berada sejak beribu tahun yang lalu,
Sekilas Studi peta dan satelit udara
Karena kesulitan untuk menembus bagian internal dari pegunungan dan lingkungan karst maros, untuk mendapatkan peta yang baik dan tepat kami harus menunggu hasil survei
Peta topografi tidak  cukup akurat, dengan berjalanya ilmu dan tehnoligi Kualitas sebagian besar lebih baik. Dengan menggunakan Google Earth kami mengidentifikasi dari citra satelit gua leang pute dan gua dinasaurus sebagai dolina yang besar dengan bantuan peta geologi karst untuk menganalisis gua tersebut.

Tranasportasi,Komunikasi,Kesahatan,Perizinan,Logitick,Peginapan dan peralatan

Transportasi
Beranjak dari Makassar menuju kawasan karst maros dengan jarak 41 km kita bisa menemukan banyak akses transportasi, baik card rental atau angkutan umum(pete-pete) dan sangat mudah di temukan, dan baiyanya  relative. Bila  menggunakan rental card hanya mengeluarkan biaya Rp. 250.000 – Rp. 300.000/ one day belum termasuk driver dan gasoline. Apabila mengunakan angkutan umum (pete-pete) sangatlah lebih murah hanya menggeluarkan uang sebesar Rp 20.000 – Rp. 25.000,-/orang. dengan di mulai dari Terminal sentral menuju Terminal daya dan di lanjutkan Terminal maros dan berakhir kawasan karst maros yang eksotis, dalam perjalanan menuju kawasan karst maros kita sudah dapat merasakan hawa dingin dari Tower – Tower karst maros yang ingin rasanya menjalajahi isi keindahan bukit – bikit limestone.

            Komunikasi
            Makassar merupakan kota yang besar dan sangat pesat kemajuannya. Kita banyak melihat Tower –tower komunikasi yang berada di Makassar atau kota daeng , untuk jaringan seluler bisa menggunakan telkomsel  dan sangat lumayan untuk menjalajahi kawasan karst maros, atau mengunakan radio komunikasi karena kominutas radio kumikasi sangat banyak di Makassar antara lain RAPI(Radio Antar Penduduk Indonesia) dan ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia) dan sangat baik pula jika menggunakan satelit phone.
            Kesehatan
            Makasar tidak memiliki endemic malaria, Menuju kota dunia tidak lepas dari adanya sarana kesehatan, saat ini memiliki banyak Rumah Sakit bertaraf Internasional, antara lain Rumah Sakit pendidikan universitas Hasanuddin, rumah sakit Wahidin, private center dan masih banyak lagi, Maros pun memiliki rumah sakit umum yang bernama rumah sakit Salewangang , dan beberapa Puskemsmas dan Pustu yang berada di setiap kecamatan dan desa, akses yang paling dekat dengan kawasan karst maros adalah Puskesmas Bantimurung dengan jarak 12 km dari Rumah Sakit Umum Salewangang yang berada di Maros dan dari Rumah Sakit Umum Salewangan berjarak 20 km dari rumah sakit wahidin dan rumah sakit pendidikan universitas hasanuddin.

            Perizinan
            Sebelum melakukan perjalanan jauh menuju karst maros yang beatiful sebaiknya mengurus perizinan, perizinan ini di mulai dari kantor taman nasional bantimurung bulusarang yang berada sekitar 43 km dari kota Makassar disini staf taman nasional sangatlah ramah dengan pelayanannya, dan selanjutnya mengurus perizinan kepada  kepala desa yang direncakan desa untuk melakukan ekspedisi. Sehingah dapat membantu kegiatan ekspedisi nantinya. Di taman nasional bantimurung bulusaraung akan di kenakan biaya masuk izin kawasan taman nasional dengan biaya Rp 2.500,-/ orang dan apabila melakukan penelitian akan lebih repot pengurusan birokrasinya.

            Logistick


            Menumukan tempat perbelanjaan di Makassar sangat banyak mulai dari pasar tradisonal sampai supermarket, di kawasan karst maros kami hanya bisa  temukan mini market dan pasar tradisional yang tidak jauh dari kawasan karst maros, dan banyak warung makan di temukan harga makanan di sekitar kawasan karst maros mulai harga Rp. 8.000, sampai Rp. 20.000,- jika hanya material ransum makanan yang ingin di beli biayanya hampir sama harga yang ada di supermarket atau pasar tradisonal yang berada di makassar
            Penginapan
            Hotel-hotel megah berdiri kokoh ditengah kota Makassar banyak di jumpai mulai dari motel sampai hotel berbintang 5 tarif biaya hotel bintang 1 sampai bintang 5 bertarif Rp. 200.000 – Rp. 600.000,- sedangkan motel hanya bertarif Rp.75.000 – Rp. 200.000,-kawasan karst maros juga memiliki wisama dan motel yang bertarif RP.80.000 – Rp. 150.000 yang bisa di nikamati.

            Peralatan
            Dalam perjalanan melakukan ekspolrasi gua-gua yang berada di kawasan karst maros kami mengunakan peralatan yang berstandar internasional yang memiliki lisensi dari UIIA. Dalam perjalanan kami memutuskan untuk membawah peralatan pribadi hanya seberat 3 kg sisanya tali dan logistik. agar lebih mudah mengakses gua – gua yang ada di kawasan karst maros.

Sekilas mata pencarian masyrakat dikawasan karst
            Masyarakat luar kawasan karst maros sebagain mencari kehidupan di kawasan karst di antara lain berkebun, ada yang mencari air areen yang di gunakan untuk membuat gula merah dan ada pula beberapa orang yang membuat minuman tradisional yang memiliki kadar alkhol yang di sebut minuman Ballo, dan tapi adapula yang mencari madu dan bahkan ada yang mengekspolitasi 20 jenis kupu-kupu yang endemik yang diguanakan sebagai hiasan dan gantugan kunci.

Sekilas Tentang Geologi, Hidrologi Di Kawasan Karst Maros

            Geologie
kawasan karst maros menurut jenis batuannya, yang didasarkan pada ciri-cirinya dari setiap satuan batuan. Memiliki formasi antara lain: Formasi Tonasa. terdiri dari batu gamping pejal, bioklastik,kalkarenit, koral dan kalsirudit bersisik.dan Formasi Camba. Formasi ini terdiri dari perselingan batuan sedimen laut dan batuan gunung api.

Hidrologie
            Kawasan karst maros memiliki Sungai Bantimurung. Sungai Bantimurung  merupakan salah satu  sumber pengairan persawahan di Maros serta dimanfaatkan air bersih bagi masyarakat. Disamping itu, aliran air bawah tanah/danau bawah tanah pada sistem perguaan. Mata air berdebit besar dijumpai pada batu gamping  dengan debit 50 - 250 l/dtk, sampai saat ini masih relatif stabil sepanjang tahun.

Sekilas Letak Administrasi  Kawasan Karst Maros
Kawasan karst maros terletak terletak antara 119° 34’ 17” – 119° 55’ 13” Bujur Timur dan antara 4° 42’ 49” – 5° 06’ 42” Lintang Selatan Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep  Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Maros  Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Maros Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pangkep.


Daftar gua
ini hanya Sebagaian Berikut daftar gua yang kami ekspolrasi selama ada di kawasan karst maros Mungkin masih banyak gua – gua lain yang belum di temukan untuk menambah inventarisasi kami. 

GUA VERTIKAL
No
Nama gua
Lokasi
Kedalaman
1
Cave leang pute
Patiro
273 m
2
Cave dinasaurus
Patiro
158 m
3
Cave lubang monyet
Patiro
150 m
4
Cave lubang beru
Kampung baru
207 m
5
Cave kapa-kapasa
Patiro
210 m
6
Cave K 20
Kapang
160 m & 135 m
7
Cave lubang tomanangga
Kapang
190 m
8
Cave Vertical cave marthon
Kapang
215 m
9
Cave paniki
Kapang
135 m
10
Cave K 21
Kapang
130 m
11
Cave lubang pangge
Bengo
110 m
12
Cave lubang layae
Kampung baru
135 m
13
Cave salukang kalang
Kapang
180 m

0 komentar:

Poskan Komentar