Kamis, 05 April 2012

Karst pegunungan Mekongga

Puncak gunung Mekongga berada diketinggian 2620 mdpl, tidak begitu tinggi kalau dibandingkan dengan gunung lain yang sering didaki oleh para pendaki gunung di nusantara. Tapi menariknya puncak gunung ini berada dalam bentang alam Karst dataran tinggi yang ketebalannya diatas 2000m. Kawasan karst ini memanjang dari Desa Ranteangin ketimur melewati puncak Mekongga sampai ke Desa Alaha bagian selatan. Ini memungkinkan terbentuknya lorong gua horisontal yang panjang dan gua vertical yang dalam.
Adanya beberapa Resurgent di pantai Tamborasi menandakan sebuah sistem hidrologi yang besar berada dikawasan karst ini. Sangat logis kalau banyak speleolog dan caver luar negeri tertarik mendatangi daerah ini.
Bagaimana dengan Caver lokal?
sumber : indra wahyudi


 
 

2 komentar:

  1. team PALAWA UAJY sudah pernah xpdc caving kesana,tapi belum bisa menemukan gua yang dalam.,sdkt info,gua2 di sekitar puncak pegunungan mekongga merupakan gua fosil(ini kalau lewat jalur pendakian desa tinukari).,kalau dari arah sebaliknya saya punya keyakinan ada gua yang menarik.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak masukannya, kalau boleh tahu maksud dari arah sebaliknya daerah mana mas?
      kami 2 minggu di puncak mekongga mencari gua tapi hanya mendaptkan gua dengan kedalaman 100 m , dan 2 minggu kami di kaki gunung mekongga pun mencari gua,
      sama dengan xpdc palawa uajy kami belum bisa menemukan gua yang terdalam, tapi kami akan kembali kesana, system tamborasi 1500l/s masih penuh dengan tanda ????
      salam,

      Hapus